Ahmad Daud Blog's

Berbagi Informasi Di Seputar Kita

Tetap Bugar Saat Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh kita terasa lemas dan malas melakukan berbagai aktivitas. Apa yang dapat kita lakukan supaya tubuh tetap bugar walau seharian berpuasa?

Puasa Ramadan yang dijalankan selama 29 atau 30 hari oleh umat Islam, tanpa disadari akan membuat pola makan menjadi lebih teratur. Dengan berpuasa, sistem pencernaan kita mendapat kesempatan untuk beristirahat dan dibersihkan dari segala bentuk zat merugikan yang terdapat di usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, serta kulit. Puasa juga akan mengubah simpanan lemak dalam tubuh menjadi energi.

Selama berpuasa kadar gula darah tubuh kita menjadi lebih rendah dibandingkan ketika tidak berpuasa. Tubuh yang lemas disebabkan oleh sebagian cairan tubuh yang hilang. Ketika menjalankan ibadah puasa, kesempatan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hanya setelah berbuka puasa hingga saat makan sahur . Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu tersebut untuk memberikan asupan nutrisi yang mencukupi bagi tubuh kita. Namun, itu bukan berarti Anda dapat mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Ada beberapa anjuran yang dapat diikuti agar tetap merasa nyaman selama menjalankan ibadah puasa.

Awali berbuka puasa dengan makanan ringan yang manis, seperti kurma, kolak, atau teh manis hangat. Biasakanlah minum minuman yang hangat pada saat berbuka puasa. Air dingin dapat membuat perut yang kosong bisa menjadi kembung dan meningkatkan asam lambung. Untuk mencegah dehidrasi banyak minum air putih pada malam hari. Sebab, dalam beraktivitas pada siang hari kita cenderung banyak mengeluarkan keringat.

Makan sahur ternyata sangat perlu untuk mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh tubuh selama sehari berpuasa. Pada saat makan sahur makanlah makanan yang mengandung gizi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Hal ini akan membantu anda menyiapkan cadangan energi saat berpuasa. Selain itu, banyaklah minum air. Bila tak sempat menyiapkan makan sahur, minum susu rendah lemak yang tinggi kalisum dan protein. Jenis susu ini membantu memberikan gizi yang lengkap bagi tubuh meski dalam jumlah sedikit.

Hindari makan sahur yang berlebihan karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan produksi hormon insulin. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah, lemas, lesu, dan selalu mengantuk. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C, yang diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi makanan kesehatan berupa suplemen.Dengan mengikuti anjuran di atas, Anda tidak perlu ragu untuk beraktifitas sehari-hari. Sambil menjalankan ibadah puasa niscaya tubuh akan tetap bugar

Agustus 21, 2009 - Posted by | Tips | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s