Ahmad Daud Blog's

Berbagi Informasi Di Seputar Kita

Malaysia Pintar, Indonesia Gemesin

Soal tari Pendet yang menjadi alat promosi iklan wisata Malaysia disikapi Dewi Sandra dengan bijak. Pelantun tembang I Love U ini melihat Malaysia pintar, sementara Indonesia tak menghargai kekayaan budaya bangsanya. Dewi pun menjadi gemes.

Seperti apakah kegemesan wanita yang sudah dua kali menikah ini? Berikut wawancara

singkat antara Dewi dengan INILAH.COM di Hard Rock Cafe, EX, Jakarta Pusat, Rabu (26/8).

Tentang kasus tari Pendet Bali diiklan promosi Malaysia?

Gue malah nggak bisa nyalahin Malaysia. Apalagi sampai kita ada wacana mengajakperang segala. Buat gue, Malaysia itu malah bisa dibilang pinter banget dan yangsalah malah indonesia. Kenapa kok kita selama ini nggak mau menghargai budaya kitasendiri atau bikin hak cipta untuk berbagai kebudayaan kita.

Jalan keluarnya?

Ini waktunya kita lebih intropeksi diri dan lebih menghargai budaya kita. Jadi kenapanegara lain mengambil budaya kita. Itu karena kita sudah jauh dari budaya warisannenek moyang. Kita jangan terlalu picik dan berlebihan dalam bersikap atas kasus ini.

Kok, nadanya seperti gemes, sih?

Nggak gemes. Gue malah gemes sama Indonesia. Lebih baik bagi kita untuk memulaisesuatu untuk bangsa ini. Sebagai WNI saya tahu kalau tari Pendet dan batik itu asli Indonesia.

Tapi Malaysia kan mengakuinya, bagaimana?

Jadi mereka mau mengaku terserah, tapi kalo ditelusuri kan, akar budayanya dari Indonesia.

Lantas, kita lihat saja sekarang yang belajar kesenian asli bukan dari bangsa kita,malah orang luar yang lebih apresiasi pada kebudayaan kita. Macam gamelan, bahasajawa dan lainnya.

Langkah idealnya?

Menurut gue orang Indonesia nggak perlu keluar untuk ketemu orang Malaysia itu. Lebihbaik orang Indonesia ketemu dulu ama orang Indonesia, mau dibawa kemana bangsa ini.

Interen saja dulu.

Anda sendiri, sejauh mana tertarik dengan budaya kita?

Gue orang Betawi dan gue bangga jadi orang Betawi. Makanya setiap kali keluar negeri, gue selalu bilang sama orang sono untuk dateng ke Indonesia, karena Indonesia itu cantik. Bukan cuma Bali, tapi nusantara yang kaya alam dan budayanya. Nggak cuma pantai, tapi dari segi makanan, dll. Jadi bisa dibilang negeri ini punya semuanya. (INILAH.COM)

Agustus 27, 2009 - Posted by | Info | , ,

2 Komentar »

  1. betul mas…..ada-ada aja negara tetangga sebelah kita itu. apa mungkin kurang kebudayaan ya mereka?

    Komentar oleh sekoteng | Agustus 28, 2009

  2. memang negara tetangga kita itu pantas jadi provinsi ke 34.. karena apa2 yg mereka publikasikan adalah hasil karya bangsa Indonesia.

    Komentar oleh daniz95 | Agustus 28, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s