Ahmad Daud Blog's

Berbagi Informasi Di Seputar Kita

Flu Kambing ………

Belum lagi wabah flu babi mereda, datang wabah baru flu kambing. Virus ini terjadi hampir setiap musim panas. Beberapa kota yang terjangkit di antaranya Eindhoven dan Tilburg.

Virus yang saat ini berkembang di Belanda, terjadi hampir setiap musim panas. Beberapa kota yang terjangkit di antaranya Eindhoven dan Tilburg. Dokter di Belanda mengatakan flu kambing merupakan penyakit lokal dan berasal dari anjing, sapi, kambing, atau manusia. Gejala awal yang dialami penderita antara lain pusing, panas tinggi, dan muntah.

Satu warga negara Indonesia positif terkena virus ini. Sejauh ini Departemen Kesehatan RI belum mengetahui adanya virus flu kambing. Meski dikatakan sebagai penyakit lokal, jika mengacu pada sumber berkembangnya virus, ada kemungkinan flu kambing juga bisa terjadi di Indonesia.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Depkes RI, dr Lily S Setyowati MM menyampaikan, saat ini direktorat jenderal yang terkait dengan persoalan ini tengah mengumpulkan keterangan.

“Sejumlah direktorat telah mengirimkan surat ke WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) untuk menanyakan perkembangan flu kambing,” katanya, Sabtu (29/8).

Informasi dimaksud, tambah Lily bersifat mengkonfirmasikan apakah flu kambing itu virus baru atau pengembangan dari yang sudah ada. Juga ingin diketahui tingkat ancamannya terhadap keselamatan manusia. Berikut dengan langkah-langkah penanggulangannya, apabila setelah diketahui virus ini cukup membahayakan bagi manusia.

“Terus terang, sampai sekarang kami belum tahu mas informasi lebih lanjut tentang flu kambing. Justru, karena belum tahu itu, kami menyurati WHO,” terangnya.

Lily memastikan saat WHO telah memberikan jawaban, Depkes akan menggelar rapat untuk membahas hasil jawaban dimaksud. Dan pada saatnya akan disampaikan ke publik. Agar masyarakat luas tahu dan bisa sejak dini terhindar dari bahaya virus flu kambing.

“Tunggu dulu ya. Kami juga masih nunggu surat balasannya. Kalau memang nanti sudah ada, pasti kami akan sampaikan ke masyarakat luas,” terangnya.

Tidak hanya itu, Depkes pun belum mengetahui keberadaan warga Indonesia yang telah terinfeksi virus flu kambing di Belanda. (INILAH.COM)

September 1, 2009 - Posted by | Info | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s